Rabu, 03 April 2013

Komputasi Modern Pada Website Perusahaan JNE (Express Across Nations)


Dewasa ini, sudah berkembang bidang usaha jasa pengiriman barang. Berbagai macam perusahaan swasta sudah menerapkan jasa pengiriman barang yang efisien, mudah dan terjangkau. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa shipping atau jasa pengiriman barang di Indonesia adalah JNE. JNE sebenarnya adalah anak dari perusahaan TIKI (Titipan Kilat), hanya saja JNE dikhususkan menangani pengiriman barang di Indonesia saja, dimana jika TIKI dapat menangani pengiriman barang sampai ke luar negeri. Website perusahaan JNE sudah menggunakan teknik komputasi modern. Website-nya cukup mudah untuk digunakan oleh segala kalangan dan tidak membingungkan. Informasi tentang status pengiriman barang maupun tarifnya dapat diperoleh hanya dengan membuka website ini. Website dapat dikunjungi di www.jne.co.id.




Pada saat pertama kali membuka website, yang akan ditampilkan pertama kali adalah tampilan seperti gambar di atas. Ada dua form yang dapat kita isi. Yang pertama untuk melihat status pengiriman barang, dan yang satu lagi untuk melihat tarif pengiriman.

Contoh pertama adalah untuk mengetahui informasi tariff pengiriman barang. Dapat dilihat pada gambar di atas. Pada form di bagian kanan, terdapat form untuk mengecek tariff dari kota asal ke kota tujuan dan bobot pengiriman. Setelah semua field form sudah diisi, klik submit.


Setelah meng-klik submit, halaman selanjutnya yang akan muncul adalah halaman seperti pada gambar di atas. Gambar di atas menunjukkan informasi tariff dari kota asal ke kota tujuan dan dengan bobot yang sudah dimasukkan tersebut. Terdapat informasi tariff dengan paket yang berbeda-beda. JNE menawarkan beberapa paket pengiriman yang memiliki kelebihannya masing-masing. Paket REG (REGULER) adalah paket standar yang pengirimannya dalam jangka waktu 2-3 hari, tergantung jarak antara kedua kota pengirim dan penerima, YES adalah paket cepat yang biasanya bias sampai dalam estimasi waktu 1-2 hari tergantung juga pada jarak tujuannya, paket OKE dengan penawaran harga termurah, estimasi waktu 3-5 hari, dan SPS yaitu paket termahal dan tercepat yang dapat di tawarkan oleh JNE. Bobot sangat mempengaruhi tariff pengiriman. Bila bobot lebih atau sama dengan 1 kg, maka harga otomatis akan bertambah.

Fasilitas selanjutnya yang ditawarkan oleh website ini adalah mengecek status pengiriman. Masukkan nomor resi yang Anda terima dari pengirim ke dalam form field Trace & Tracking seperti di atas. Bila sudah memasukkan dengan benar, klik search.

 Status pengiriman akan dapat segera muncul pada tampilan seperti gambar di atas. Dengan informasi keterangan tujuan, nama penerima, waktu penerima, dan status pengiriman.

Komentar:

Menurut saya, website pengiriman barang JNE sudah sangat baik, lengkap dan handal. Hanya dengan mengakses website ini, pengirim barang dapat dengan mudah mengirimkan barangnya. Website-nya juga tidak sulit untuk dimengerti. Alur jelas dan tidak ribet. Dengan memasukan kota asal, kota tujuan dan jumlah berat paket barang yang akan dikirim, maka akan tampil jenis paket dan berapa harga yang harus dibayarkan. Kelemahan website ini, belum semua kota tercantum dalam database yang telah ada. Perkiraan waktu pengiriman juga tidak ada sehingga pelanggan tidak tahu berapa lama paket yang ia kirim akan sampai. 


Souce: http://www.jne.co.id/index.php?lang=IN

Ditulis oleh:
Gina Devita Syabrina
53409423
4IA07

1 komentar: