Selasa, 12 April 2011

Kantor Pemkab Bojonegoro Diserang Ulat Bulu

Ratusan ulat bulu terlihat di kawasan perkantoran Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (11/4). Hama itu juga terlihat di kawasan pusat kota Alun-Alun Bojonegoro. Untuk mengantisipasi perkembangannya, Dinas terkait langsung melakukan penyemprotan insektisida terhadap kawanan ulat bulu yang menempel di pohon sono.

Serangan hama ulat bulu kian meluas. Jika Ahad lalu hanya menyerang wilayah Suruh, Kabupaten Semarang, kini meluas hingga wilayah Kota Salatiga yang berjarak 13 kilometer dari Suruh.
 
Ribuan hama ulat bulu diketahui menyerang pohon jambu sukun di SMP Al Azhar, Sidorejo, pada Ahad lalu. Tadi siang pohon itu telah meranggas. Selain pohon, ulat bulu juga menempel pada pagar sekolah hingga membuat resah siswa. Pihak sekolah telah melaporkan pada Dinas Pertanian Kota Salatiga, namun hingga kini belum ada tindakan.

Sedangkan di Blora, Jawa Tengah, ulat bulu meresahkan warga Desa Bleboh dan Nglebur, Kecamatan Jiken. Dalam dua hari terakhir ulat bulu berkembang biak cukup pesat. Tidak hanya merusak tanaman, sebagian warga sudah mulai terserang gatal-gatal. Rata rata ulat bulu menyerang pohon mangga, kedondong, dan buah karsen hingga dahannya meranggas. Warga berharap Dinas Pertanian setempat bisa segera melakukan pembasmian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar