Selasa, 12 April 2011

Belalang Serang Empat Desa di Bima

Ribuan belalang menyerang persawahan dan kebun milik warga di empat desa di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Selasa (12/4). Dalam waktu dua hari ini, ratusan hektare sawah, kebun, dan ladang milik para petani yang semestinya panen, ludes dilalap belalang.

"Belalang-belalang itu datangnya hari Jumat lalu. Hari Sabtu harusnya panen, tapi padi sudah habis dimakan belalang. Hancur semua petani di sini. Mudah-mudahan ada bantuan dari pemerintah. Kasihan petani," kata Anwar, petani yang sawahnya ikut menjadi korban keganasan serangan belalang.

Keempat desa yang diserang belalang tersebut, yakni Desa Lambu, Desa Papa, Desa Baku, dan Desa Ng`gelu. Hampir di sepanjang jalan penghubung keempat desa tersebut, ribuan belalang yang diperkirakan datang dari wilayah timur tersebut bisa dengan mudah ditemukan terbang bergerombol dan berpindah-pindah. 

Sejumlah warga sempat berusaha menangkap gerombolan belalang tersebut dengan tangan kosong. Namun usaha mereka sia-sia, karena jumlahnya yang sangat besar. Hingga saat ini belum ada upaya pemerintah setempat untuk menanggulangi hama belalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar